Haid Merupakan Kodrat Perempuan



Bagaimanapun, setiap perempuan tidak bisa menghindari diri dari kodrat untuk haid. Walaupun ada obat-obatan untuk “tidak haid” dalam masa tertentu, hanyalah sebagai penahanan sementara agar darah tidak meluruh. Untuk tujuan tertentu hal ini memang diperbolehkan tetapi bukan berarti perempuan dapat menghindar dari haid ketika sudah dewasa. Hendaknya para ibu juga memberikan pemahaman dan pengetahuan yang benar kepada anak-anak remaja putrinya tentang haid dan organ reproduksi secara umum. Tujuannya agar haid tidak dipandang sebagai sesuatu yang menyeramkan dan harus dijauhi. Setiap gejala dan gangguan kesehatan yang menyertai haid selalu dapat diatasi dengan baik. 


Dimasa lampau sering muncul anggapan yang tidak wajar tentang haid. Mitos-mitos yang salah juga banyak di masyarakat tentang haid. Haid sering dianggap sebagai sesuatu yang buruk dan kotor. Padahal haid adalah hal yang normal. Justru jika tidak terjadi haid malah menjadi masalah kesehatan yang serius bagi perempuan.

Pendarahan yang terjadi pada saat haid berasal dari dinding dalam rahim akibat pengaruh pecahnya pembulu-pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh perubahan  keseimbangan hormon. Pendarahan tersebut bukanlah bagian dari vagina. Darah yang dikeluarkan pun merupakan darah normal bukan darah yang disebabkan oleh penyakit atau infeksi tertentu. 
pendarahan saat haid

Jadi, bagi setiap perempuan yang sudah dewasa ditandai dengan adanya haid, tidak perlu memandang haid sesuatu yang berlebihan. Semuanya adalah siklus alami yang pasti terjadi pada perempuan dewasa. Pengetahuan yang benar tentang kesehatan reproduksi akan membantu perempuan untuk mengerti masalah haid. 

Masalah gangguan-gangguan yang menyertai pada saat haid. kiranya juga tidak perlu ditanggapi secara berlebihan dan penuh rasa ketakutan Untuk itu, datanglah kedokter untuk mendapatkan konsultasi dan nasihat yang benar. Apabila sudah ditentukan cara penanganan dan pengobatan secara benar maka ikuti dan patuhi. Jangan berusaha dan mencari-cari pengobatan sendiri, yang bukannya menyembuhkan melainkan justru menambah parah penyakit. 

Apa benar saat nyeri haid, struktur otak berubah

Benar. Nyeri haid sering disertai dengan rasa pusing, dan membuat perempuan hanya ingin tidur tanpa aktivitas. Kondisi ini menyebabkan perubahab pada struktur otak. Repotnya, perubahan ini akan terus berlangsung meskipun perempuan yang bersangkutan sudah tidak mengalami nyeri haid. Peranannya telah dikembalikan seperti semula dengan terapi tertentu yang oleh sebagian kalangan medis masih diteliti dengan studi Iebih lanjut untuk mengeksplorasi interaksi hormonal dan apakah perubahan struktur otak ini dapat dikembalikan (reversible). 
nyeri saat haid

Pesan nyeri yang dikirim ke sistem saraf pusat dapat menyebabkan perubahan struktural dan fungsional dalam seluruh sistem saraf. Perubahan struktur otak diyakini memiliki pengaruh terhadap orang yang bersangkutan baik pada kemampuan otak maupun perilaku saraf yang mempengaruhi perilaku orang. Ini merupakan alasan lain bagi perempuan yang mengalami nyeri haid untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

0 Response to "Haid Merupakan Kodrat Perempuan "

Posting Komentar