Relaksasi dan Hipnoterapi Nyeri Haid



Relaksasi
Tubuh bereaksi saat kita stres maupun ketika dalam keadaan yang rileks. Di saat kita terancam ataupun takut, tubuh kita memberikan 2 macam reaksi, “melawan” atau “menyerah” yang dicetuskan oleh hormon adrenalin. Otot-otot tubuh menjadi tegang, napas jadi cepat, jantung berdenyut dengan cepat, tekanan darah menjadi untuk menyediakan oksigen bagi otot dalam tubuh, gula dilepaskan pada jumlah yang banyak dari hati untuk memberikan “bahan bakar” untuk otot, keseimbangan natrium serta kalsium berubah, dan keringat mulai bercucuran. Tanda paling pertama yang menunjukan stres adalah adanya reaksi yang timbul, yaitu ketengangan otot. 
 
Relaksasi
Tetapi jika kita rileks maka kita menempatkan tubuh pada posisi yang sebaliknya. Otot-otot tidak tegang serta tidak memerlukan sedemikian banyak oksigen juga gula, jantung jadi berdenyut dengan lambat, tekanan darah turun, napas terasa mudah, hati akan mengurangi adanya pelepasan gula, natrium juga kalsium dalam tubuh kembali menjadi seimbang, serta keringat berhenti bercucuran. 

Dalam kondisi rileks, tubuh juga menghentikan produksi hormon adrenalin dan semua hormon yang diperlukan saat kita stress. Oleh karena hormon sekesterogen dan progesteron serta hormon stres adrenalin diproduksi dari blok bangunan kimiawi yang sama, ketika kita mengurangi stress, berarti kita juga telah mengurangi produksi kedua hormon seks tersebut.
Dari sini, kita dapat melihat pentingnya relaksasi untuk memberikan kesempatan bagi tubuh memproduksi hormon yang penting untuk mendapatkan haid tanpa rasa nyeri. 

Yoga adalah salah satu teknik relaksasi yang dianjurkan untuk menghilangkan nyeri haid. Pelatihan terarah dan berkesinambungan dipercaya mampu menyembuhkan nyeri haid dan menyehatkan badan secara keseluruhan. 
yoga

Hipnoterapi
Salah satu metode hipnoterapi adalah mengubah pola pikir dan yang negatif  ke positif. Pendekatan yang umumnya dilakukan adalah memunculkan pikiran bawah sadar agar latar belakang permasalahan dapat diketahui dengan tepat. Hipnoterapi merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk menyembuhkan nyeri haid. 
 
Hipnoterapi
Caranya adalah sebelum haid datang, buat tubuh menjadi rileks dalam posisi seperti tidur dengan kedua tangan berada di samping tubuh. Bebaskan pikiran dari hal-hal yang membebani. Dengan mata yang terpejam, yakinkan dan tenangkan diri untuk terbebas dan rasa sakit nyeri haid. Bebaskan pikiran hingga benar-benar rileks. 

Setelah pikiran benar-benar rileks serta nyaman, Pelan-pelan instruksikan dalam diri sendiri sebuah perintah  yang lebih kurang bunyinya seperti, “Haid yang normal juga wajar, serta tetap mudah beraktivitas.” Ucapkan kalimat itu secara berulang-ulang didalam hati sembari meyakini hal itu pasti akan terjadi. Dengan haid yang normal dan wajar serta tetap mudah beraktivitas akan membentuk  pikiran bawah sadar bahwa datangnya haid tidak disertai dengan nyeri atau kesakitan. Sekitar 15 menit kemudian, buka mata. Perasaan hati akan terasa segar dan nyaman, pikiran terasa lepas dari beban. 
 
pikiran rileks
Instruksi itu dengan sendirinya memperlihatkan pola pikiran kita telah berubah. Haid tidak harus sakit. Selain pikiran kita memiliki pola bahwa haid itu sakit maka benar-benar sakit dengan nyeri yang bisa menghebat kapan saja.

0 Response to "Relaksasi dan Hipnoterapi Nyeri Haid "

Posting Komentar