Pengobatan nyeri haid herbal dan suplemen

Ada banyak cara pengobatan nyeri haid yang dapat dilakukan untuk obati nyeri saat haid. Berikut adalah beberapa pengobatan yang dapat Anda pilih: 
 

Pengobatan Herbal 

obat nyeri haid tradisional

1.Kayu Manis
Rempah yang beraroma manis ini mengandung asam sinemik yang bermanfaat untuk meredakan berbagai nyeri, termasuk nyeri haid. Kita bisa menggunakan dalam bentuk minyak kayu manis, atau bubuk kayu manis, atau batang kayu manis. Caranya, campurkan rempah kayu manis ke dalam air hangat, lalu minumlah untuk mencegah dan mengatasi nyeri haid. Bisa juga ditambahkan pada teh dan diberi madu murni secukupnya. Biasakan meminum ramuan ini bila nyeri mulai terasa. 

2. Kedelai
Kacang kedelai yang banyak manfaatnya ini karena memiliki kandungan phytoestrogens. Zat tersebut membantu menyeimbangkan hormon tubuh terutama saat haid. Caranya, rebus setangkup kacang kedelai dengan air yang sudah diberi sedikit garam. Rebus lima menit, kemudian makanlah kedelai rebusnya. Bisa juga mengonsumsi susu kedelai atau makanan olahan dari kedelai, misal tahu dan tempe. 

3. Cengkeh
Campuran bunga cengkeh kering, kunyit, ketumbar, dan bubuk pala bisa membantu mengatasi haid. Seduh bahan tersebut dengan air panas. Saring ampasnya, lalu minum selagi hangat. 

4. Kunyit
Ambil 30 gram kunyit, kupas, cuci bersih, kemudian potong tipis-tipis. Tambahkan asam dan gula aren secukupnya. Seduh ketiga bahan tersebut dengan 1 gelas air panas (200 cc) dan aduk-aduk hingga rasanya asam manis. Minum ramuan tersebut setiap pagi dan petang. Ramuan ini dapat mengurangi nyeri haid. Apabila malas meramunya sendiri, sekarang sudah banyak tersedia minuman kesehatan kunyit asam yang dikemas praktis untuk meredakan nyeri haid. 

5. Jahe
Jahe (ginger) sama efektifnya dengan asam mefenamat (mefenamic acid) dan ibuprofen untuk mengurangi nyeri pada wanita dengan dismenorea primer. Dosis maksimal adalah 6 gram pada perut yang kosong. 

Caranya mudah, ambil  jahe secukupnya, kupas, cuci, lalu parut. Selanjutnya rebus dengan 2 gram air (400 cc) hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Ambil teh celup dan aduk-aduk sampai rata  Setelah itu, saring air dan tunggu hingga cukup hangat untuk diminum. Jahe mengandung zat yang berkhasiat menghilangkan rasa sakit dan mual. Sementara teh mengandung cafein, theobromin dan  theofilin yang berkhasiat menyembuhkan.
6. Oso dresie
Oso dresie adalah tumbuhan obat atau herbal yang digunakan oleh penduduk asli Suriname.

Penggunaan Suplemen

obat nyeri haid resep dokter

1.   Minyak Ikan , asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk  mencegah efek peradangan saat haid. Zat ini mengurangi rasa sakit saat terjadi kram
2.   Vitamin E, selain baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini sel tubuh, vitamin E juga bisa mengurangi rasa sakit. Vitamin E bisa membantu mengatasi nyeri haid efek peningkatan hormon prostaglandin